Recent Posts

Jumat, 03 Agustus 2012

0 komentar

Sukses dengan Positive Attitude


Aleysius H. Gondosari
“Semua orang dapat mengubah kehidupannya dengan mengubah sikap mereka.”
Andrew Carnegie
“Sikap adalah hal kecil yang membuat perubahan besar.”
Winston Churchill
“Temuan terbesar generasi saya adalah bahwa seorang manusia
dapat mengubah kehidupan mereka dengan cara mengubah sikap.”

William James
Untuk sukses, kecakapan teknis perlu didukung oleh sikap positif. Demikian yang dikatakan oleh Roger Fritz, presiden Organization Development Consultants. Sikap positif memengaruhi setiap aspek kehidupan kita. Selain kesuksesan, sikap positif juga merupakan faktor berpengaruh untuk menciptakan komunikasi yang efektif, menghindari kelelahan fisik dan mental, memperbaharui ketrampilan kita, dan menciptakan iklim kesuksesan. Cara kita memandang kesulitan dan masalah dapat menunjukkan perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.

Sikap tidak saja meliputi cara kita melihat dunia di sekitar kita, tetapi juga cara kita menerjemahkan situasi, kondisi, dan tindakan orang lain. Dengan kata lain, reaksi atau sudut pandang orang lain perlu diperhitungkan. Sikap positif tanpa interaksi tidak ada artinya.
Ada perbedaan yang sangat jelas antara sikap negatif dengan sikap positif. Sikap negatif dapat menimbulkan kecerobohan, ketidaktahuan, fatalisme, sinisme, kemalasan, kenekatan, dan terlalu percaya diri. Sebaliknya sikap positif akan menuntun pada perencanaan ke depan, menyemangati yang lain, menunjukkan apresiasi, kesaksamaan, kesungguhan, dan kesiagaan.
Kita dapat memulai sikap positif dengan menemukan kesenangan dalam hal-hal yang sederhana, serta mengambil yang terbaik dari situasi yang terburuk. Kita perlu menyadari bahwa tak seorang pun memiliki segalanya, dan setiap orang dalam hidupnya mempunyai kepedihan yang bercampur dengan kebahagiaan. Triknya adalah, bagaimana membuat tawa melebihi air mata.
Buku ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin belajar bagaimana mencapai sukses melalui sikap positif. Agar pembaca dapat segera mempraktekkan sikap positif, buku ini dilengkapi dengan berbagai daftar periksa untuk melakukan penilaian sikap positif, serta saran-saran dan cara-cara untuk meningkatkan sikap positif. Melalui buku ini, kita dapat belajar bagaimana meraih kesuksesan dalam komunikasi, relasi, pekerjaan, dan bisnis dengan cara meningkatkan sikap positif, yaitu :
  • Mengukur Positive Attitude Quotient (PAQ) atau kecerdasan sikap positif Anda
  • Menilai sikap Anda melalui diri Anda sendiri dan rekan sejawat Anda
  • Mengatasi sikap-sikap negatif
  • Mempelajari hal-hal yang harus dan yang tidak boleh dilakukan saat menghadapi atasan
  • Menjadi komunikator dan seorang pendengar yang lebih baik
  • Mengatasi penolakan untuk melakukan perubahan di tempat kerja
  • Menolak saran tanpa menimbulkan sakit hati
  • Memberikan dan menanggapi kritik dari anggota tim
  • Menyatakan ketidaksepahaman kepada karyawan dan rekan sejawat tanpa menimbulkan suasana tidak nyaman
  • Mengatasi kelelahan mental dan stres

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Pengikut

Populer Post

Labels

Copyright © Design by Dadang Herdiana